Sabtu, 15 Desember 2012

Mengatur Halaman / Page Setup di Ms. Word 2007

Sebelum mengetik ada baiknya kita mengatur halaman/page setup terlebih dahulu, walau terkadang sebagian dari kita mengetik terlebih dahulu dan untuk mengatur halaman atau yang lainnya dilakukan setelah selesai mengetik. Namun menurut saya berdasarkan pengalaman dan memang begitu adanya, seandainya kita mengetik terlebih dahulu baru mengatur halaman/page setup maka yang akan terjadi adalah ketikan kita akan berubah-ubah lagi dan kadang lebih susah dan lama dalam merapihkan kembali hasil ketikan itu sendiri.

Berbeda dengan kita mengatur halaman/page setup terlebih dahulu (dilakukan sebelum mengetik) maka tata letak pun sudah kita set sesuai dengan yang kita inginkan dan hasilnya akan langsung rapih dan tidak usah kita mengotak-ngatik lagi untuk merapihkannya. (ada pepatah kerja dua kali)

Adapun yang saya ketahui dalam mengatur halaman/page setup dari jamannya pertama kali belajar komputer sekitar tahun 2000 sampai sekarang tidak jauh berbeda hanya saja dalam tampilannya dan tata letak menu page setup dalam program aplikasi Ms. Word yang dirubah. Sejak program office (lupa namanya) di windows 3.11 (dengan sistem login DOS dan NOS), Ms. Word 97, 2000, 2002, 2003, 2007 sampai ms. word 2010. Seingat saya tata letak tampilan dan menu yang sama terdapat dari window 3.11 sampai 2003, sedangkan mulai dari ms. word 2007 tata letak dan tampilan menu mulai berubah.

Sebelum ms. word 2007 menu untuk mengatur halaman/page setup terdapat pada menu File dan sub menu Page Setup. Sedangkan untuk ms. word 2007 dan 2010 menu untuk mengatur halaman/page setup terdapat pada menu page layout dan sub menu page setup. Terus terang diawal menggunakan ms. word 2007 saya cukup kerepotan karena tata letak dan tampilan menu yang berubah cukup jauh berbeda yang membuat bingung, terlebih short key yang saya hafal di ms. word 2003 tidak bisa saya gunakan.

Walau begitu microsoft sepertinya dan memang benar menyadari akan hal itu, karena itu pula microsoft mengeluarkan software untuk mengatasi masalah tersebut. Software yang diberi nama Setup_OfficeMenu itu akan merubah tampilan menu ms. word 2007/2010 menjadi seperti tampilan ms. word 2003.

eh,...maaf jadi curhat pa posting page setup nich,... untuk lebih jelasnya langkah demi langkah untuk mengatur halaman/page setup di ms. word 2007 berikut saya berikan panduannya. silahkan dowload disini.

Semoga posting saya bisa bermanfaat bagi teman-teman yang masih kebingungan dalam hal mengatur halaman/page setup.



1 komentar :